Clatu Barata Nicto
Karimunjawa, Potensi Wisata yang Amat Menarik


BERSATU WUJUDKAN PERUBAHAN
IndeksIndeks  PortalPortal  CalendarCalendar  FAQFAQ  PencarianPencarian  PendaftaranPendaftaran  LoginLogin  

Share | 
 

 Karimunjawa, Potensi Wisata yang Amat Menarik

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : 1, 2  Next
PengirimMessage
Admin
Admin
Admin


Female
Number of posts : 109
Age : 31
Lokasi : Jepara
Registration date : 28.02.08

PostSubyek: Karimunjawa, Potensi Wisata yang Amat Menarik   Tue Mar 18, 2008 9:16 pm

Karimunjawa, Potensi Wisata yang Amat Menarik

Tak dapat dipungkiri, alam Taman Laut Karimunjawa nan indah dan menakjubkan merupakan aset tak ternilai bagi Pemerintah Kabupaten Jepara. Menurut Surat Keputusan Menteri Kehutanan tertanggal 22 Februari 1998, Taman Nasional Karimunjawa merupakan gugusan kepulauan berjumlah 22 pulau yang terletak di Laut Jawa.

Wilayah ini memiliki luas 111.625 hektar yang terdiri dari daratan di Pulau Karimunjawa 1.285,5 hektar, daratan di Pulau Kemujan 222,2 hektar, serta perairan sekitarnya 110.117,3 hektar.

Kepulauan Karimunjawa tersusun dari rangkaian 27 pulau. Dari 27 pulau itu, lima di antaranya dihuni penduduk, yaitu Pulau Karimunjawa, Kemujan, Parang, Nyamuk, dan Genting. Sebagian besar penduduk fokus pada sektor perikanan.

Perikanan tangkap menjadi andalan masyarakat setempat sejak berpuluh tahun lalu. Dari 14 kecamatan di Jepara, Kecamatan Karimunjawa tercatat memiliki jumlah nelayan terbesar, yaitu 2.945 orang dari total jumlah nelayan 12.382 orang (Data BPS Jepara 2004). Di wilayah Karimunjawa komposisi profesi nelayan mencapai 60,25 persen dibandingkan dengan profesi lain.

Seiring perjalanan waktu, sisi eksotisme Karimunjawa mulai dilirik pemerintah kabupaten dan Provinsi Jawa Tengah untuk ditawarkan dari sisi wisata. Keberagaman kekayaan inilah yang oleh pemerintah kabupaten/provinsi ditawarkan kepada investor. Dengan dalih meningkatkan kesejahteraan penduduk setempat, Karimunjawa dibuka lebar bagi penanaman investasi.

Pemerintah Kabupaten Jepara membuka Karimunjawa untuk pariwisata. ”Kami membuka pintu investasi di Kepulauan Karimunjawa selebar-lebarnya,” ujar Bupati Jepara Hendro Martojo ketika ditemui beberapa saat lalu di ruang kerjanya.

Ia mengundang investor memanfaatkan setiap lahan di setiap pulau penyusun kepulauan berjarak 45 mil laut dari Kota Jepara ini. Hendro menuturkan, peluang investasi ini diberikan kepada siapa pun yang memiliki modal. Ia mengingatkan agar pemanfaatan lahan di pulau itu tidak menyalahi kaidah hukum yang berlaku di Indonesia. Minimal tidak menyalahi zonasi yang diterapkan Balai Taman Nasional. Investasi harus mengacu pada aturan main atas perlakuan hak atas tanah, perlakuan lingkungan, dan hak masyarakat Karimunjawa.

Pemprov Jawa Tengah merealisasikan Kapal Cepat Kartini I buatan PT PAL Indonesia pada awal Maret 2004 untuk mengantarkan pengunjung dengan durasi waktu lebih cepat dan lebih nyaman. Gubernur Jawa Tengah pada saat launching kapal ini berharap keterpencilan Karimunjawa dapat teratasi. Jarak Semarang-Karimunjawa yang dihubungkan 60 mil laut dapat dicapai dengan waktu tempuh 3,5 jam.

Dibukanya akses Semarang-Karimunjawa cukup meningkatkan arus wisatawan untuk berkunjung. Apalagi kapal ini melayani Semarang-Karimunjawa tiap akhir pekan, Sabtu pukul 09.00 dan kembali dari Karimunjawa ke Semarang esok harinya. Tarif kelas eksekutif Rp 95.000 per orang dan kelas bisnis Rp 80.000 per orang.

Jadwal pelayaran kapal ini mengarungi Jepara-Karimunjawa dan Jepara-Semarang. Pelayaran kapal berkapasitas 168 penumpang ini membuka kesempatan pelaku bisnis menawarkan paket wisata dua hari semalam.

Celah ini pun direspons positif penduduk Karimunjawa. Setidaknya kini kepulauan ini memiliki 20 hotel/homestay dengan kapasitas kamar berdaya tampung 155 orang.

Melihat derasnya kunjungan wisatawan yang menumpang Kapal Cepat Kartini, Ismarjoko Budi Santoso, pria asal Magelang, Jawa Tengah, mendirikan Wisma Apung Jaya Karimun.

Berjarak 300 meter dari Pulau Menjangan Besar, wisma ini berada di wilayah pantai. Letak yang cukup strategis ini dimanfaatkan Ismarjoko dengan membuat kolam air laut di tengah wismanya. Dengan delapan kamar yang tersedia dan tarif sewa Rp 50.000-Rp 60.000 per malam. Setiap akhir pekan wisatawan selalu memadati wismanya. Kecuali saat musim angin barat di mana semua kapal tidak dioperasikan.

Selain Kapal Cepat Kartini, tersedia juga sarana perhubungan lain, yaitu KM Muria. Kapal yang hanya melayani Jepara-Karimunjawa itu beroperasi dua kali seminggu dari Pelabuhan Kartini Jepara. Pengguna kapal yang dikelola PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan ini didominasi kalangan menengah ke bawah karena harga yang dipatok lebih murah.

Pihak swasta lain pun tak ketinggalan. Kura-Kura Resor selaku pelaku bisnis wisata ikut melirik potensi wisata di Karimunjawa. Dengan mengelola Pulau Menyawakan, mereka menawarkan resor sekelas bintang lima dengan 10 kamar.

Paket wisata yang ditawarkan Kura-Kura Resor terdiri atas paket wisata menginap dua hari satu malam seharga 137 dollar AS. Kali ini paket wisata juga menawarkan paket empat hari tiga malam seharga 274 dollar AS.

Biaya ini sudah termasuk jasa transportasi dari Bandar Udara Ahmad Yani, Semarang, ke Bandar Udara Dewa Daru, Karimunjawa. Menggunakan pesawat sekelas Cassa 212, tak sampai satu jam wisatawan berduit dapat mencapai Karimunjawa.

Pada tahun 2002 Kura-Kura Hotel berdiri di Pulau Karimunjawa. Hotel ini terletak 10 menit dari Dermaga Pelabuhan Karimunjawa dan 30 menit dari Bandara Dewa Daru, Karimunjawa.

Dekat Kura-Kura Hotel juga berdiri Hotel Melati. Hotel ini menyediakan 13 kamar yang terdiri dari enam bungalo keluarga dan tujuh kamar standar.

Menjamur

Beberapa waktu terakhir yang tengah marak adalah pembuatan berbagai homestay atau tempat penginapan. Selain wisma milik Ismarjoko, di tepi Pulau Menjangan Besar juga berdiri penginapan yang dikelola pengusaha asal Semarang. Di tempat ini terdapat tujuh kamar yang dilengkapi kolam ikan hiu dan penyu.

Semakin ke arah darat, di Pulau Karimunjawa menjamur sedikitnya 16 homestay sederhana yang dikelola penduduk setempat. Pemerintah Kabupaten Jepara mendirikan Wisma Wisata yang terletak di tepi alun-alun Pulau Karimunjawa.

Karimunjawa semakin menawarkan berbagai fasilitas yang memikat dan menarik. Namun, masalah listrik yang dihadapi pelaku bisnis dan masyarakat setempat belum terselesaikan.

Penginapan dan berbagai tempat usaha yang membutuhkan listrik selama ini disuplai dari generator yang dimiliki Karimunjawa. Menurut informasi, pelayanan listrik di wilayah ini disuplai PLTD dengan kapasitas terpasang 95 KVA, 100 KVA, dan 50 KVA.

Tapi penduduk Pulau Karimunjawa masih lebih nyaman dibandingkan dengan penghuni pulau-pulau lain. Setidaknya, di pulau utama ini jatah listrik diberikan dari pukul 17.30-05.30. Selepas itu, peralatan listrik seperti AC, televisi, dan kulkas yang dimiliki penduduk tidak berfungsi. (ICH)

_________________
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://mig33jepara.forumotion.com
enelis
Mega Member
Mega Member


Female
Number of posts : 332
Age : 29
Lokasi : jepara
user mig33 : enelis
Registration date : 01.03.08

PostSubyek: Re: Karimunjawa, Potensi Wisata yang Amat Menarik   Sat Mar 22, 2008 3:26 pm

waw...kayak bukan di jepara yah?? emang ada yah pulau yang indah banget kayak gambar di atas itu?? di jepara lg?? Question

_________________
Keep Funky and Cool
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
fahmi
Moderator
Moderator


Male
Number of posts : 629
Age : 71
Lokasi : Semarang - Jepara
user mig33 : fahmi_chat
Registration date : 28.02.08

PostSubyek: Re: Karimunjawa, Potensi Wisata yang Amat Menarik   Mon Mar 24, 2008 8:19 pm

wah aku emang pernah liat di google Map/earth...emang dahsyat keindahanya,,,!!!
aduh jeparaku,,,,!!!! Very Happy *I love my City*

_________________
.•°¨΅'΅¨°•. Fahmi .•°¨΅'΅¨°•.
========================
http://fahmi.sinau.org
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://fahmi.sinau.org
sky-drive
Senior Member
Senior Member


Male
Number of posts : 168
Age : 35
Lokasi : SALATIGA
user mig33 : sky-drive
Registration date : 20.05.08

PostSubyek: Re: Karimunjawa, Potensi Wisata yang Amat Menarik   Tue Jun 03, 2008 6:06 am

jane pengen ke sana tp jaooooohh Sad
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.mig33salatiga.org
lapendosol
Super Moderator
Super Moderator


Male
Number of posts : 130
Age : 32
Lokasi : J A K A R T A
user mig33 : lapendosol, v.o, l4p
Registration date : 27.03.08

PostSubyek: Re: Karimunjawa, Potensi Wisata yang Amat Menarik   Fri Jun 06, 2008 2:56 am

tony_rivero wrote:
jane pengen ke sana tp jaooooohh Sad

Ayo pak kesana, nanti aku anterin
Aku yakin anak2 jepara mau kok nemenin sampe puas

Aku yo jane juga durung tau nang kerimun je Sad
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
river.maya
river.side
river.side


Male
Number of posts : 200
Age : 31
Lokasi : jepara
user mig33 : river.maya
Registration date : 02.03.08

PostSubyek: Karimun Jawa   Sat Jun 07, 2008 11:42 am

kasih tau info tentang Karimun Jawa dunk,please....
walaupun aku anak Jepara,tapi kurang tau soal Karimun Jawa,he...
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
sky-drive
Senior Member
Senior Member


Male
Number of posts : 168
Age : 35
Lokasi : SALATIGA
user mig33 : sky-drive
Registration date : 20.05.08

PostSubyek: Re: Karimunjawa, Potensi Wisata yang Amat Menarik   Sun Jun 08, 2008 2:51 am

di liat dari gambarnya bagus bgt je jadi tertarik aku pergi kesana
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.mig33salatiga.org
sky-drive
Senior Member
Senior Member


Male
Number of posts : 168
Age : 35
Lokasi : SALATIGA
user mig33 : sky-drive
Registration date : 20.05.08

PostSubyek: Re: Karimunjawa, Potensi Wisata yang Amat Menarik   Sun Jun 08, 2008 3:28 am

jah katanya daerah wisata yg deket ama jepara masak ga tau sie
kalo km ga tau apa lagi aku hehehehe
kalo yg punya foto2nya upload dunk di sini
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.mig33salatiga.org
lapendosol
Super Moderator
Super Moderator


Male
Number of posts : 130
Age : 32
Lokasi : J A K A R T A
user mig33 : lapendosol, v.o, l4p
Registration date : 27.03.08

PostSubyek: Re: Karimunjawa, Potensi Wisata yang Amat Menarik   Mon Jun 09, 2008 1:56 am

tony_rivero wrote:
di liat dari gambarnya bagus bgt je jadi tertarik aku pergi kesana

Pak kapan ke jepara :mrengut:
Tar kita kesono bareng
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
enelis
Mega Member
Mega Member


Female
Number of posts : 332
Age : 29
Lokasi : jepara
user mig33 : enelis
Registration date : 01.03.08

PostSubyek: Re: Karimunjawa, Potensi Wisata yang Amat Menarik   Mon Jun 23, 2008 7:55 am

cheers hu uh mbah ntar klo ke jepara traktir lagi yah...(numan di traktir eskrim ma mbah)

_________________
Keep Funky and Cool
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
in_creativity
Teknisi
Teknisi


Male
Number of posts : 33
Age : 32
Lokasi : Jepara Bumi Kartini
user mig33 : in_creativity
Registration date : 28.08.08

PostSubyek: AYO KE KARIMUN RAME2   Fri Sep 19, 2008 4:12 pm

Mistis tenan aku durung tau ke Karimun. Kapan2 kupdar neng Karimunjawa ja pasti seru...
Wni po orak je ??? mengko ben dimaem iwak hiu
kabur..

_________________
Best Regardz :

free glitter text and family website at FamilyLobby.com

Hasta La Victoria Siempre
Liberte, Egalite, Freternite
Reneissance & Humanisme

Contact Person :
in_creativity@yahoo.com
harness_activity@yahoo.com
vj.inziftz@gmail.com
vj.inziftz@rocketmail.com
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://profiles.friendster.com/increativity
fahmi
Moderator
Moderator


Male
Number of posts : 629
Age : 71
Lokasi : Semarang - Jepara
user mig33 : fahmi_chat
Registration date : 28.02.08

PostSubyek: Re: Karimunjawa, Potensi Wisata yang Amat Menarik   Sat Sep 20, 2008 12:45 am

ada anak mig dari karimun gak nih.....?kita kopdar di sana yuk,,,,!! cheers

_________________
.•°¨΅'΅¨°•. Fahmi .•°¨΅'΅¨°•.
========================
http://fahmi.sinau.org
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://fahmi.sinau.org
knifemare
Super Moderator
Super Moderator


Male
Number of posts : 203
Age : 30
Lokasi : di tempat dmn g ada cinta..
user mig33 : knife-mare_
Registration date : 23.06.08

PostSubyek: Re: Karimunjawa, Potensi Wisata yang Amat Menarik   Sat Sep 20, 2008 1:18 pm

au melu pak ning krimun.. cup-cup
au ula leti krimun je Sad

_________________
^ Never say u're alone when i'm still alive ^
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
iwancavalera
Moderator
Moderator


Male
Number of posts : 681
Age : 35
Lokasi : DI T4 YG ENAK LAH POKOKE
user mig33 : iwancavalera
Registration date : 14.08.08

PostSubyek: Re: Karimunjawa, Potensi Wisata yang Amat Menarik   Sat Sep 20, 2008 11:35 pm

MAV KOK MELU TERUS SIH USULE......SEKALI SAKALI SAMPEAN PAK SING GAWE ACARA AKU TAK MELU Mingkem
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://iwancavalera.multiply.com
knifemare
Super Moderator
Super Moderator


Male
Number of posts : 203
Age : 30
Lokasi : di tempat dmn g ada cinta..
user mig33 : knife-mare_
Registration date : 23.06.08

PostSubyek: Re: Karimunjawa, Potensi Wisata yang Amat Menarik   Fri Sep 26, 2008 2:17 pm

iwancavalera wrote:
MAV KOK MELU TERUS SIH USULE......SEKALI SAKALI SAMPEAN PAK SING GAWE ACARA AKU TAK MELU Mingkem

lha nek aq ceng gawe acara mawut je... hkhkhkh

_________________
^ Never say u're alone when i'm still alive ^
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
fahmi
Moderator
Moderator


Male
Number of posts : 629
Age : 71
Lokasi : Semarang - Jepara
user mig33 : fahmi_chat
Registration date : 28.02.08

PostSubyek: Re: Karimunjawa, Potensi Wisata yang Amat Menarik   Fri Oct 17, 2008 10:35 pm

jah...>!! affraid
suk bodho kurban wae ,,ayo do mbakar mbakar neng pante....!! scratch

<== usul terus

_________________
.•°¨΅'΅¨°•. Fahmi .•°¨΅'΅¨°•.
========================
http://fahmi.sinau.org
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://fahmi.sinau.org
iedha_rossi
Member
Member


Female
Number of posts : 44
Age : 29
Lokasi : jepara
user mig33 : iedha_rossi
Registration date : 19.10.08

PostSubyek: Re: Karimunjawa, Potensi Wisata yang Amat Menarik   Wed Oct 22, 2008 10:02 am

Ayo jLn” bRg k KaRiMun

kLo nAiK KpL yG

biSniS sX jLn 80.000, b'aRti
PP 160.000

(aDa g kLs eKonoMi)

m'NgiNap p'RmaLam 50.000-60.000(u/ 8 oRg)

kL 2 mLm b'RaTi 1 oRg kR” 15.000

kLo iUrAN
200.000

s'PerTiNa dAcH bs tUu bRgT bRg”jempolan
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
fahmi
Moderator
Moderator


Male
Number of posts : 629
Age : 71
Lokasi : Semarang - Jepara
user mig33 : fahmi_chat
Registration date : 28.02.08

PostSubyek: Re: Karimunjawa, Potensi Wisata yang Amat Menarik   Thu Oct 23, 2008 10:01 am

wah idha malah calo,,,,!! confused bounce

_________________
.•°¨΅'΅¨°•. Fahmi .•°¨΅'΅¨°•.
========================
http://fahmi.sinau.org
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://fahmi.sinau.org
iedha_rossi
Member
Member


Female
Number of posts : 44
Age : 29
Lokasi : jepara
user mig33 : iedha_rossi
Registration date : 19.10.08

PostSubyek: Re: Karimunjawa, Potensi Wisata yang Amat Menarik   Fri Nov 07, 2008 4:55 pm

:choked:q mLh d'KiRa CALO
q Cm mW nGaJaK jLn" bRg" ja kOq :ngakak:
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
enelis
Mega Member
Mega Member


Female
Number of posts : 332
Age : 29
Lokasi : jepara
user mig33 : enelis
Registration date : 01.03.08

PostSubyek: Re: Karimunjawa, Potensi Wisata yang Amat Menarik   Sat Nov 08, 2008 11:08 am

200.00? ngranpok cp dha? aku lum kerja masih minta bpk ibuku,Very Happy he nek temen2 di ajak nabung gt gmn yah? selain ngisi kas juga bisa di pake untuk tujuan lain seperti liburan bareng cheers

_________________
Keep Funky and Cool
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
knifemare
Super Moderator
Super Moderator


Male
Number of posts : 203
Age : 30
Lokasi : di tempat dmn g ada cinta..
user mig33 : knife-mare_
Registration date : 23.06.08

PostSubyek: Re: Karimunjawa, Potensi Wisata yang Amat Menarik   Sat Nov 08, 2008 11:31 am

pengen ikut, tp g punya duit segitu Sad

_________________
^ Never say u're alone when i'm still alive ^
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
iedha_rossi
Member
Member


Female
Number of posts : 44
Age : 29
Lokasi : jepara
user mig33 : iedha_rossi
Registration date : 19.10.08

PostSubyek: Re: Karimunjawa, Potensi Wisata yang Amat Menarik   Mon Nov 17, 2008 4:23 pm

q jg bLm kErjA mBk Hiks..'
ya kT nGUmpULiN dL gT Oh no
kAn eNak bS jLn" bRg
bS bWt cEriTa eNtaR kLo daCh tUa uhuk-uhuk
he.....
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
randhika_oche
New Born
New Born


Male
Number of posts : 3
Age : 29
Lokasi : Jepara
user mig33 : randhika_oche
Registration date : 08.09.08

PostSubyek: Re: Karimunjawa, Potensi Wisata yang Amat Menarik   Fri Nov 21, 2008 10:01 am

ak pengen maen k karimuuun. . . .
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://amen.wen.ru
iedha_rossi
Member
Member


Female
Number of posts : 44
Age : 29
Lokasi : jepara
user mig33 : iedha_rossi
Registration date : 19.10.08

PostSubyek: Re: Karimunjawa, Potensi Wisata yang Amat Menarik   Sat Nov 22, 2008 5:49 pm

aYo RaNd mabuR bRg" mringis
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
gru
Member
Member


Male
Number of posts : 60
Age : 33
Lokasi : jepara city+malang city
user mig33 : gru
Registration date : 22.12.08

PostSubyek: Re: Karimunjawa, Potensi Wisata yang Amat Menarik   Mon Dec 22, 2008 1:40 am

JANGAN LUPAKAN KAMI YANG ADA DI LUAR DAERAH JEPARA..... Sad
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Sponsored content




PostSubyek: Re: Karimunjawa, Potensi Wisata yang Amat Menarik   Today at 3:05 am

Kembali Ke Atas Go down
 
Karimunjawa, Potensi Wisata yang Amat Menarik
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 2Pilih halaman : 1, 2  Next
 Similar topics
-
» Seni Pahat Semangka Yang Menakjubkan
» ada yang mau kerjasama^^
» Kematian Bruce Lee Yang Misterius
» yang suka yoyo mari mari
» Ramalan Dunia Dari Tahun 2010 Sampai 5079

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Mig33 Jepara Community :: FORUM INFO :: Tentang Jepara-
Navigasi:  
Free forum | © phpBB | Free forum support | Report an abuse | Sosblogs.com